4/11/20

Jenis-jenis Tanaman Sayur dan Bagian yang Dapat Dimanfaatkan

Sayuran tentunya sudah tidak asing bagi kita, sering kali sayuran ini kita gunakan sebagai konsumsi kita sehari-hari sebagai teman dari nasi dan lauk pauk. Nah untuk Anda yang kini belum mengenal beberapa tanaman sayur, kini kami akan berbagi kepada Anda mengenai jenis sayuran dan bagian yang bisa dimanfaatkannya. 

Jenis Sayur dan Bagian yang Dapat Dimanfaatkan

Jenis Sayur dan Bagian yang Dapat Dimanfaatkan

1. Sayuran Akar dan Umbi

Ini merupakan salah satu bagian yang paling bawah di dalam tanaman sayuran yang bisa dimanfaatkan yaitu umbinya. Akan dan umbinya yang biasanya ada di dalam tanah tidak beruas dan brbuku. Nah sayuran jenis yang satu ini biasanya ditanam untuk dikonsumsi ada pada bagian akar atau umbinya.
Nah ada beberapa contoh sayuran yang biasanya dimanfaatkan akar dan umbi nya yaitu seperti wortel, lobak, kentang, radish dan bawang.

2. Sayuran Batang

Batang ini merupakan sebagai salah satu sumbu tanaman yang digunakan untuk tempat semua organ lain bertumpu dan tumbuh. Di bagian tersebut akan tumbuh bagian buku serta ruas yang biasanya untuk tempat menempelnya daun serta tangkai. Daun ini biasanya dianggap sebagai perkembangan lanjutan dari batang untuk dapat menjalankan fungsi yang tentunya lebih khusus.
Nah untuk beberapa contoh sayuran yang dimanfaatkan batangnya adalah tebu, rebung, asparagus, kailan dll

3. Sayuran Daun dan Tangkai

Daun tersebut bisa tumbuh dari ranting dan tangkai, nah daun yang berwarna hiijau seperti yang kita ketahui memang ini mengandung klorofil yang memiliki fungsi untuk menangkap energy serta cahaya matahari untuk proses fotosintesis. Biasanya tanaman sayur ini diambil pada bagian daun serta tangkainya bisa dan bisa dimakan langsung sebagai lalapan atau dimasak. Sayuran jenis ini biasanya ditanam berada di sekitar rumah selain untuk hiasan juga bisa dikonsumsi.
Contohnya yaitu sayuran yang dimanfaatkan daun atau tangkainya yaitu seperi kangkung, bayam, kemangi, selada, petsai, seledri, sawi, dll.

4. Sayuran Buah

Buah merupakan perkembangan lanjutan dari calon buah atau ovarium. Buah ini biasanya membungkus serta melindungi biji.  Berbagai Aneka rupa serta bentuk buah ini juga tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama dari buah, yaitu sebagai pemencar biji tumbuhan. Kemudian disebut dengan sayuran buah karena tanaman ini biasanya ditanam untuk diambil buahnya.
Pada tanaman sayur tersebut biasanya buah juga sangat sering dimanfaatkan untuk dikonsumsi yang biasanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta mineral pada tubuh manusia. Buah dari sayuran ini biasanya bisa langsung Anda makan atau dimasak, juga bisa ditumis, bisa juga sebagai lalapan, atau sebagai campuran lauk dan sambal.
Contoh biasanya sayuran yang dimanfaatkan buahnya yaitu diantaranya seperti buncis, cabai, terung, tomat, labu siam, mentimun dan pare.

5. Sayuran Bunga

Bunga pasti kita sudah mengenalnya, yang biasanya disebut dengan kembang ini merupakan sebagai alat reproduksi pada tumbuhan berbunga magnoliophyta dan angiospermae, (tumbuhan berbiji tertutup). Nah biasanya didalam bunga tersebut ada benang sari dan putik. Pada tanaman sayur yang berbunga biasanya sering dimanfaatkan untuk disayur serta dimakan yaitu bunga nya.
Nah inilah beberapa contoh sayuran yang dimanfaatkan bunganya yaitu bunga turi, brokoli, kobis bunga, tebu telur dan bunga kol.

6. Sayuran Biji

Sayuran biji serta kacang-kacangan tentu saja mempunyai kandungan minyak yang cukup tinggi, sehingga ini sangat sulit dicerna. Kalau dikonsumsi dengan jumlah yang banyak biasanya sayuran biji ini bisa dikonsumsi dengan bentuk dimasak atau dibakar. Jenis tanaman sayur yang bisa dimanfaatkan dari biji yang dihasilkan biasanya untuk dikonsumsi yaitu kacang tanah, pete, kenari serta bunga matahari.

Nah itulah jenis-jenis tanaman sayur dan bagian yang bisa dimanfaatkan untuk kita konsumsi. Nah sekarang sudah tahukan sobat?