3/2/21

Sudah Pernah Baca di SehatQ.com Apa Itu Anatomi tubuh manusia? Yuk Lihat Penjelasannya

Kita mungkin sudah sangat sering mendengar anatomi tubuh manusia. Namun dari sini mungkin Anda belum mengetahui sepenuhnya mengenai hal tersebut. Anatomi Tubuh manusia merupakan rangkaian system yang bekerja yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan tubuh.



Mengenai anatomi tubuh manusia ini terdidi atas 11 sistem organ, tentu saja memiliki fungsi dan cara kerja masing-masing. Organ tubuh tersebut terhubung antara satu dengan yang lainnya. apa saja anatomi tubuh manusia ini?

1.    Sistem saraf

2.    Sistem reproduksi

3.    Sistem pencernaan

4.    Sistem muskoskeletal

5.    Sistem pernapasan

6.    Sistem limfatik

Dari keenam jenis anatomi tubuh tersebut ada beberapa lainnya yang mungkin belum banyak Anda ketahui. Ini dia anatomi tubuh yang lainnya perlu untuk Anda ketahui beserta dengan penjelasannya;

7.  Sistem endokrin

Sistem endoktrin yaitu meliputi seluruh kelenjar yang mengeluarkan hormon ke dalam aliran darah yaitu sepertui system saraf, system yang satu ini juga bisa dibilang cukup rumit yang memiliki peran penting di dalam tubuh kita. Contohnya saja yaotu untuk mengatur metabolism dengan melalui saluran pencernaan.

Dalam hal ini ada beberaoa kelenjar yang bekerja pada sistem endokrin diantaranya yaitu;

Kelenjar pituitari:

Ini merupakan Kelenjar yang menghasilkan hormon pertumbuhan (growth hormone), hormon prolaktin inilah yang dapat mengaktifkan produksi ASI, serta hormon antidiuretik yang dapat mengontrol keseimbangan cairan tubuh terdapat pada ginjal.

Hipotalamus:

Ini merupakan bagian otak yang menghubungkan sistem endokrin dengan sistem saraf.

Kelenjar tiroid:

Kelenjar tersebut dapat menghasilkan hormon tiroid yang bekerja untuk proses metabolisme energi.

Kelenjar adrenal:

Kelenjar tersebut dapat melepaskan hormon adrenal yang memiliki pengaruh pada tekanan darah serta detak jantung

Kelenjar reproduksi:

Untuk kelenjar tersebut menghasilkan hormone esterogen serta progesterone yaitu pada perempuan, kemudian testosterone pada laki-laki.

Pankreas:

Organ tersebut menghasilkan hormone insulin serta glucagon yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah.

8. Sistem Urinari Atau Ekskretori

Ginjal termasuk organ yang masuk pada system urinary, system urinary atau system ekskretori tersebut memiliki peran untuk menyaring darah serta membuang racun dari dalam jaringan tubuh. System tersebut terdiri sebanyak empat organ penting, diantaranya yaitu; Ginjal, Saluran kemih (ureter), Kandung kemih, Uretra

9. Sistem Integumen

Ini sebagai salah satu system yang cukup unik terdapat pada tubuh manusia, hal tersebut karena hanya terdiri sebanyak satu organ yaitu kulit. Dalam hal ini perlu untuk Anda ketahui bahwasannya, kulit tersebut sebagai salah satu bagian dari organ yang juga sebagai salah satu keseluruhan system tersebut. Untuk system tersebut bekerja meliputi semua bagian permukaan kulit, diantaranya yaitu termasuk dalam mengatur produksi kelenjar keringat, akar rambut, serta dalam kinerja serangkaian saraf di sana.

10. Sistem imun

Ini merupakan sebagai salah satu system tang memiliki peran vital, karena untuk mengatur ketahanan tubuh yang sangat penting untuk manusia secara individu dan spesies. Dalam hal ini organ-organ yang menjadi anggota pendukung dari sistem imun tubuh juga bisa menjadi bagian dari sistem yang lainnya.

Untuk organ utamanya yaitu kelenjar getah bening, kemudian sumsum tulang limga, berikitnya ada kelenjar gondok, tonsil serta kulit. Karena dalam hal ini untuk system kerjanya yang saling memengaruhi organ dari adanya sistem lain, maka untuk sistem imun tersebut juga merupakan sebagai sistem yang sangat rumit, dan fungsinya juga sangat penting untuk tubuh kita.

11. Sistem peredaran darah

Ini juga disebut sebagai salah satu system kardiovaskular, yang merupakan system terdiri ari organ jantung yang memompa darh serta pembuluh darah yang mengalirkan darah. Dalam hal ini terdapat dua jenis pembuluh darah, diantaranya yaitu arteri yang mengalirkan darah dari jantung, kemudian vena yang mengembalikan darah ke bagian jantung.

Itulah beberapa wawasan mengenai anatomi tubuh, dalam hal ini penting untuk Anda ketahui. Selain itu untuk artikelkesehatan lainnya bisa Anda lihat di sehatq.