Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Langkah Mudah Cara Lapor PPh 23 Secara Online

Perkembangan teknologi semakin tahun semakain bertambah. Hal ini dikarenakan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK seseorang terus menerus diasah. Dengan adanya perkembangan teknologi yang cepat dan praktis ini memiliki berbagai macam dampak. Dampak tersebut bisa berupa dampak negatif dan positif. Maka dari itu penyaringan informasi bisa anda gunakan untuk menerima kabar atau informasi yang valid. Tak jarang orang tertipu karena adanya perkembangan teknologi yang teramat pesat. Adanya perkembangan bisa mempermudah Cara lapor PPh 23 secara online.

Adanya perkembangan dan kemajuan teknologi ini pun berdampak pada semua sektor, dari mulai sosial, pendidikan, hingga hukum. Anda sedang tinggal di negara hukum seperti Indonesia ini harus menaati segala jenis aturan, pasalnya setiap aturan tersebut akan berdampak pada diri sendiri dan orang lain. Apakah anda salah satu orang yang dengan mudah menaati hukum?. Hukum maupun sanksinya tidak bisa lepas dari kehidupan. Entah sanksi sosial maupun sanksi dalam bentuk fisik.

Berbicara soal PPh, apakah anda telah mengetahui PPh?. PPh masuk dala kategori perpajakan. Anda yang tinggal di Indonesia pun tentu akan memebayar pajak, hal ini dikarekan pajak tersebut untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Pajak tersebut akan kembali kepada kita dalam bentuk yang berbeda seperti adanya fasilitas umum dan lain sebagainya. Namun kerapkali masayarakat tidak taat dalam membayar pajak. Kemungkinan besar adanya kurangnya edukasi terkait pajak kepada masyarakat. Termasuk orang tua maupun masyarakat yang sedang bertempat tinggal di kampung. Tidak semua orang tua pun mengetahui terkait wajib pajak, maka dari itu tugas kita sebagai masyarakat modern mengedukasi akan hal ini kepada mereka.

Pajak memiliki peran yang berbeda terutama pada sektor pembangunan. Dengan taat membayar pajak, kita akan lebih mudah menikmati fasilitas yang ada, seperti taman, mall, dan lain sebagainya. Ada berbagai jenis pajak, salah satunya adalah pajak penghasilan atau PPh, pajak pertambahan nilai atau PPN, pajak penghasilan atas barang mewah atau PPnBM, kemudian ada bea materai atau BM, ada pula pajak bumi dan bangunan atau PBB. Anda pun harus mengetahui bagiamana sistem masing-masing pajak itu bekerja. Pasalnya fungsi dan kedudukan setiap jenis pajak berbeda-beda.  

Apa yang Anda Ketahui Tentang PPh?

Bagi anda yang telah menerima penghasilan sendiri mungkin mengetahui tentang PPh ini. Namun semua tidak bisa dipukul rata, meski berpenghasilan besar, terkadang seseorang tidak mengetahui bagaimana sistem PPh bekerja. Biasanya PPh ini dikenakan kepada perorangan atau badan usaha atas penghasilan yang telah diterima. Penghasilan yang dimaksud tersebut adalah bisa berupa gaji, laba usaha, hadiah, honorarium, dan lain sebagainya. Anda masuk dalam kategori mana?.

Adanya berbagai jenis pajak yang harus diketahui, hukumnya pun telah diatur dengan pasal yang berbeda. Perbedaan tersebut terletak bagaimana sistem kerja masing-masing pajak. Salah satunya adalah Cara lapor PPh 23 ini. Pada awalnya pun PPh ini diterapkan pada sektor perkebunan. Melihat sektor erkebunan di Indonesia dulu sangatlah tinggi. Namun semkain berkembangan zaman PPh ini biasanya dikenakan bagi penghasil atas modal jasa, maupun penghargaan.

Di rana PPh 23 ini wajib pajak merupakan salah satu bentuk pemotongan atau pemungutan pajak penghasilan. Hal ini berarti wajib pajak atau WP yang telah diatur atau ditunjukkan oleh undang-undang pajak penghasilan. Dan keawajiban kita yang tinggal di negara hukum adalah menjalankan peraturan tersebut. Biasanya pihak penerima penghasilan atau penjual dan atau penerima jasa akan dikenakan PPh pasal 23. Sedangkan pada pihak pemberi penghasilan atau pembeli dan atau penerima jasa akan memotong serta melaporkan PPh tersebut kepada kantor pajak.

Namun di era yang canggih ini, anda sebagai pelaku wajib pajak tak usah risih dalam menjalankan kewajiban pajak. Hal ini dikarenakan adanya kemajuan teknologi membuat semua menjadi praktis dan sedikit memakan biaya. Salah satunya dengan adanya media online. Dimana semua orang bisa mengakses dan menggunakan.

Pelaporan PPh Secara Online

Adanya perkembangan dan kemajuan yang pesat ini, semua orang akan berbondong-bondong lari ke media online. Bisa anda rasakan sendiri bagaimana efek dari adanya media online tersebut. Manfaat yang didapat pun begitu banyak. Namun anda sebagai pengguna pun harus mengantisipasi bagaimana caranya agar tidak merasakan tindak kriminal di media online. Meski hukum di negara kita telah mengatur bagaimna sanksi untuk penyalahgun media online, namun hal tersebut tidak bisa menjadi jaminan aman dalam bermedia.

Pelaporan PPh secara online ini akan mempermudah anda dalam bertransaksi. Langkah awal yang anda lakukan adalah pembuatan ID billing yang biasanya akan dikenakna biaya pembuatan akun. Biaya tersebut akan dipotong melalui bank persepsi, seperti teller bank, ATM, fitur bayar pajak, maupun lainnya. Fitur-fitur tersebut adalah fitur aman yang dilindungi oleh kementerian keuangan. Biasanya pembayaran jatuh tempo pada tanggal 10.

Biasanya dalam pembayaran online seperti ini anda akan menerima bukti bahwa PPh 23 telah terpotong. Anda pun harus selalu mengecek bukti yang menjadi pemotong. Bukti PPh 23 ini biasanya dapat dilakukan melalui bupot. Apakah anda mengetahui buppot atau E-bupor?. E-bupot adalah aplikasi resmi yang senagaja dirancang untuk memenuhi layanan yakni pelaporan pembayaran pajak dalam bentuk dokumen elektronik oleh direktorat jendral pajak atau DJP.

Munculnya aplikasi elekronik untuk pembuktian ini pula mempermudah anda dalam mengurus pajak. Bukti akan dikirim sesuai dengan waktu transaksi. Namun pada saat teransaksi tidak semua orang berjalan dengan begitu lancar pastinya beberapa orang pernah mengalami transaksi eror atau gagal. Namun di aplikasi ini, keamanan sudah terjaga jadi anda tidak perlu khawatir. Di sisi lain, aplikasi ini pun menyediakan layanan bantuan. Jika anda mengalami kendala anda dapat menghubungi langsung lewat aplikasi.

Surat Pemberitahuan Tahunan

Dalam aplikasi online yang disebutkan di atas juga mempermudah anda dalam mengelolah SPT atau surat pemberitahuan tahunan secara real time. Langkah untuk melakukan pelaporan SPT pun juga harus diperhatikan. Langkah pertama yang bisa anda ambil adalah memastikan bahwa anda telah masuk akun DJP. Pastikan telah mengisi NPWP. Tak lupa untuk tanda status aktif pada wajib pajak sebelum melakukan penyimpanan.

Cara lapor PPh 22 dengan sangat mudah dengan media online. Anda akan terhubung langsung dengan DJP anda pun dapat menerima bukti pelaporan dari DJP secara langsung. Tak hanya itu, penawaran secara gratis pun ada di dalam aplikasi ini. Cukup anda mnegeluarkan uang untuk membayar pajak anda sendiri. Adanya media yang dilindungi dan tersambung dengan DJP membuat media online ini akurat dan terpercaya. Dalam aplikasi online ini pun diupayakan semaksimal mungkin agar pengguna tidak mengalami gangguan eror. Peraturan di dalmnya pun telah disesuaikan dengan peraturan pajak terkini.

Post a Comment for "Langkah Mudah Cara Lapor PPh 23 Secara Online"